Monday 28 March 2016


Jeruk adalah buah yang banyak tumbuh di Indonesia. Karenanya rasanya yang manis dan asam serta banyak mengandung vitamin c, menjadikan buah ini cukup banyak disukai masyarakat, terlebih buah ini mudah didapatkan, semua toko buah baik di pasar ataupun di supermarket pasti menjual buah satu ini. Inilah beberapa khasiat kulit jeruk.

Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat bagi kesehatan, ternyata kulit jeruk memliki banyak kegunaan yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut adalah beberapa manfaat kulit jeruk yakni :
  1. Mengobati Batuk. Batuk terkadang sangat mengganggu aktivitas, gunakanlah kulit jeruk untuk mengatasinya. Caranya, rebus dua gelas air lalu masukkan lima gram kulit jeruk yang telah kering lalu rebus selama 10 menit. Tambahkan jahe dan gula merah lalu minum. Lebih dianjurkan jika selagi hangat.
  2. Menambah Nafsu Makan. Kulit jeruk dapat membangkitkan nafsu makan. Caranya, jemur kulit jeruk hingga kering. Kemudian campurkan kulit jeruk dengan daun teh lalu tambahkan air hangat dan siap untuk diminum.
  3. Menghilangkan Dahak pada Penderita Paru-paru. Menghilangkan dahak dengan kulit jeruk cobalah rendam kulit jeruk ke dalam wine putih selama kurang lebih 20 hari,lalu minum. Semakin lama merendam, akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik.
  4. Mencegah Mabuk Perjalanan. Banyak orang yang mengalami mabuk saat perjalanan. Ada obat yang dapat dikonsumsi untuk mencegah mabuk saat melakukan perjalanan. Namun, sebelum mengkonsumsi obat, cobalah menggunakan alami, salah satu caranya untuk menghilangkan mabuk perjalanan adalah kulit jeruk. Satu jam sebelum memulai perjalanan, ambillah secuil kulit jeruk lalu dekatkan ke hidung Anda dan hirup aromanya. Hiruplah terus pada saat perjalanan, karena aroma kulit jeruk yang segar dapat membantu mencegah mabuk saat perjalanan.
  5. Mencegah Sesak Napas. Kulit jeruk dapat dimanfaatkan untuk menghentikan rasa sesak di dada serta berkhasiat mengobati radang tenggorokan. Caranya, letakkan kulit jeruk segar ke dalam sebuah gelas, lalu tambahkan air panas lalu tutuplah selama 10 menit, tambahkan gula sebelum diminum.
  6. Menghilangkan Bau Mulut. Kulit jeruk dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut. makanlah sedikit kulit jeruk, bau pada mulut akan hilang seketika.
  7. Mengobati Sakit pada Gigi Geraham. Ambil sepotong kecil kulit jeruk lalu masukkan ke dalam mulut Anda dan letakkan di sekitar gigi yang terasa sakit. Keluarkan setelah 10 menit.
  8. Mengobati Bronchitis Kronis. Kulit jeruk dipercaya dapat digunakan untuk mengobati bronchitis kronis. Caranya, masukkan lima hingga 15 gram kulit jeruk ke dalam sebuah gelas, setelah itu tuangkan air yang telah mendidih kedalam gelas untuk membuat teh kulit jeruk. Dianjurkan untuk minum setiap hari.
  9. Mengobati Sembelit atau Susah Buang Air Besar. Jika merasa susah untuk buang air besar, pakailah kulit jeruk untuk mengobatinya. Caranya, rebus 12 gram kulit jeruk yang masih segar kira-kira 10 hingga 15 menit kemudian minum selagi hangat. Baik dikonsumsi dua kali sehari pagi dan sore hari.
Itulah beberapa khasiat kulit jeruk yang perlu Anda ketahui, jika sakit jangan langsung meminum obat carilah bahan-bahan alami yang dapat dipergunakan salah satunya kulit jeruk.

0 comments:

Post a Comment

Recent Post

    Popular Posts