Monday 28 March 2016

Musim hujan, salah satu yang harus diwaspadai adalah keberadaan nyamuk yang merajalela. Langkah antisipasi yang biasa masyarakat lakukan adalah dengan mengaplikasikan obat nyamuk semprot, bakar, hingga salep.

Meskipun termasuk ampuh membunuh nyamuk, namun Anda juga harus waspada. Pasalnya, obat nyamuk kimia tersebut tetap saja mengandung zat berbahaya bagi tubuh jika digunakan terus-menerus dan bekelanjutan. Karena hal itulah, pemilihan bahan-bahan alami mesti mulai Anda pertimbangkan untuk mengusir si serangga kecil yang menganggu itu.

Jika Anda ingin menghindari bahan kimia dan beralih ke bahan alami, cobalah untuk menggunakan beberapa tanaman yang bisa digunakan sebagai obat pengusir nyamuk. Namun, apa sajakah tanaman itu? Dilansir dari Boldsky, berikut ini adalah tanaman pengusir nyamuk yang dapat Anda tanam di kebun rumah sebagai obat nyamuk alami.

1. Bawang Putih
Bawang putih merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang cukup ampuh. Dengan aromanya yang kuat, bawang putih dapat membuat nyamuk enggan untuk datang menghampiri.

2. Rumput Sereh
Rumput sereh dianggap sebagai salah satu tanaman terbaik untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini digunakan sebagai bahan utama dalam obat nyamuk buatan. Cukup oleskan minyak sereh pada tubuh, maka Anda akan terhindar dari gigitan nyamuk.

3. Kemangi
Sama halnya dengan bawang putih, daun kemangi memiliki aroma yang sangat kuat sehingga dapat menjadi bahan pengusir nyamuk yang ampuh.

4. Pappermint
Selain dapat menjadi penambah rasa pada makanan, daun yang memiliki aroma khas ini juga bisa menjadi bahan pengusir nyamuk.

5. Rosemary
Tanaman yang memiliki bunga indah ini selain dapat menjadi penghias tanaman juga bisa menjadi obat nyamuk di dalam ruangan Anda.

6. Kecombrang
Bunga kecombrang memang kerap kali dijadikan sebagai bumbu pelengkap untuk membuat masakan kian sedap. Namun siapa sangka, ternyata kecombrang yang akrab berada di dapur ini juga cocok ditanam di pekarangan rumah untuk mengusir nyamuk.

0 comments:

Post a Comment

Recent Post

    Popular Posts